Selasa, 17 Desember 2013

Membuat WBS sesuia dengan Penulisan Ilmiah

Work Breakdown Structure adalah Pemecahan atau pembagian pekerjaan kedalam bagian yang lebih kecil atau suatu daftar yang harus dimiliki oleh setiap orang sebelum mengerjakan proyek. WBS merupakan aturan secara hirarki, pengerjaan suatu proyek menjadi unit terkecil yang mempunyai arti dan saling berhubungan.

Alasan perlunya WBS adalah:
1. Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas. 
2. WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas

WBS merupakan elemen penting, karena memberikan kerangka yang membantu, antara lain dalam :
1. Pembagian tanggung jawab.
2. Penggunaan WBS ini memungkinkan bagian-bagian proyek terdefinisi dengan jelas
3. Pembuatan network dan perencanaan pengawasan.
4. Penggambaran program sebagai ringkasan dari bagian-bagian yang kecil
5. Pembuatan perencanaan


CONTOH YANG DIAMBIL DARI PI SAYA BERKENAAN DENGAN WBS IALAH:

Pembuatan Game dengan menggunakan bahasa pemrograman C++


Perancangan Aplikasi
Pada tahap ini penulis mencoba untuk menganalisa dan membahas jalannya aplikasi. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Aplikasi yang penulis buat adalah sebuah game yang cukup interaktif yang dapat menambah wawasan bagi pemainnya. Game ini mempunyai sepuluh pertanyaan dan dijawab dengan format benar atau salah. Setiap jawaban yang benar maka akan ada pertanyaan selanjutnya dan uang yang akan diraih semakin besar jumlahnya dan jika jawaban salah maka permainan selesai.
Hal yang pertama kali dilakukan penulis adalah mengumpulkan data informasi yang digunakan dalam penelitian yang direalisasikan dalam penulisan ini. Untuk pembuatan game ini penulis memanfaatkan media internet sebagai bahan referensi dalam pengambilan informasi yang akan digunakan.
            Pada tahap perancangan, penulis membuat diagram flowchart terlebih dahulu yang bertujuan untuk memudahkan penulis dalam membuat alur program. Pada tahap selanjutnya penulis menggunakan script bahasa pemrograman C++ untuk membuat game ini pada sebuah software bernama Turbo C++ 4.5.

3.2 Diagram Flowchart
            Untuk menganalisa aplikasi yang penulis buat, akan digunakan diagram flowchart. Diagram flowchart dibuat menggunakan sebuah software bernama Dia Diagram. Berikut bentuk diagram flowchartnya :










Gambar 3.1 Diagram Flowchart

3.3 Perancangan Input dan Output

Dalam pembuatan aplikasi ini penulis menganggap perlunya diadakan perancangan input dan output, agar jelas output yang diinginkan dan juga input yang diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar